Beberapa Hal yang Wajib Dilihat Mengenai Pajak Penghasilan Final (PPh Final)

 

Cari tahu penghasilan apa yang harus dibayar untuk PPh Final, tarif, cara menghitung dan membayar pajak jenis ini.

Setiap bisnis yang menghasilkan uang termasuk dalam kategori wajib pajak, seperti pajak penghasilan atau PH.

Pajak penghasilan dibagi menjadi dua kategori atau kategori tergantung pada pemungutannya: Pajak penghasilan final Dan PPH belum final..

Kedua karakteristik pajak penghasilan ini berbeda dalam hal pelaporan SPT PPh orang pribadi dan badan. Namun pembahasan kali ini akan fokus pada penjelasan final PPh.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang PPh Final, berikut akan dijelaskan pengertian dan contoh dari jenis pajak tersebut. Konsultan Pajak Jakarta

Pengertian pajak penghasilan final

PPh Final adalah pajak penghasilan yang Anda bayarkan secara langsung pada saat Anda menerima barang atau langsung penghasilan tertentu dan tidak diperhitungkan dalam SPT Tahunan PPh Anda.

PPh akhir ini akan diserahkan langsung ke WP. Namun pendataan secara tertulis harus disertai dengan formulir SPT tahunan. Pertanyaannya, pajak penghasilan atau penghasilan final seperti apa yang dikenakan?

Karena yang langsung pemungutan, pajak penghasilan final tidak diperhitungkan dalam laporan SPT tahunan, meskipun harus dilaporkan di akhir.

Lantas mengapa pemerintah membagi pajak penghasilan menjadi dua jenis?

Keputusan akhir bukan hanya mempersulit wajib pajak, tetapi pemerintah (Dirjen) ingin memudahkan wajib pajak dalam lomba.

Penghasilan yang kena pajak final

Ada beberapa jenis penghasilan yang dapat dikenakan pajak penghasilan final, antara lain penghasilan dari penjualan, pendapatan dan bunga, pendapatan dari hadiah dan pendapatan, pendapatan sewa atau hak atas tanah dan konstruksi, dan bunga pendapatan atau diskonto obligasi atas pasar.

Selain itu, pendapatan dari jasa konstruksi, dalam dan luar negeri, maskapai penerbangan, perwakilan perdagangan luar negeri di Indonesia, pendapatan dari aset, pendapatan dari perusahaan modal ventura, termasuk dalam pendapatan. Kategori penghasilan kena pajak.

Pembayaran pajak PPh final

Setelah mengetahui jenis penghasilan yang termasuk dalam kategori wajib pajak, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cara pembayaran PPh Final.

Pembayaran penghasilan final ini dapat dikurangkan dari gaji atau gaji yang diterima oleh pihak lain, dalam hal ini perusahaan yang mempekerjakan karyawan tersebut serta titipannya sendiri.

Namun, PPH Final dihapuskan pajak PPH dibayar di muka yang dipotong oleh pihak lain atau penghasilan Anda sendiri, melainkan pembayaran pH atas penghasilan yang termasuk dalam kategori penghasilan PPh final.

Oleh karena itu, pajak jenis ini tidak akan dihitung lagi dan Anda tidak akan dapat memasukkan SPT setiap tahun. Biaya untuk menghasilkan pendapatan, mengumpulkan dan memeliharanya tidak terhitung.

Tarif PPh Final dan Cara Menghitungnya

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 Tahun 2018, tingkat pH akhir ditetapkan sebesar 0,5% dan laba atau total pendapatan wajib pajak orang pribadi dan badan adalah Rs 4,8 miliar per tahun.

Untuk mengetahui bagaimana nilai pH akhir dihitung, berikut ini adalah contoh perhitungannya.

“Pada Januari 2018, Pak Russy memiliki bisnis online dengan total pendapatan Rp100.000.000. Jadi pH terakhir yang harus dibayar Pak Rusdi setiap bulannya adalah 0,5% x Rp100.000.000 = Rp500.000”

Pajak penghasilan final ini harus diajukan selambat-lambatnya pada tanggal 10 setiap bulannya.

Sebagai wajib pajak, SPT PPh Anda harus disertai dengan formulir SPT tahunan.

Berikut adalah beberapa rincian singkat tentang PPH Final yang harus dibayar oleh wajib pajak di Indonesia.

Mengingat ketentuan ini telah diubah dari semula 1% menjadi 0,5%, maka tidak ada alasan untuk membayar pajak.

Hal ini untuk meningkatkan kesadaran, tidak merasa wajib pajak di Indonesia sebagai wajib pajak.

Warga negara yang baik harus menghormati keputusan pemerintah dan mengikuti aturan.

Wajib Pajak harus berpikir bijak dan taat pajak! Mereka berkontribusi pada upaya pembangunan negara dengan mematuhi peraturan yang relevan.

Ini karena pajak yang Anda bayar adalah untuk keuntungan bersama dan Anda juga dapat berbagi keuntungan.

Itulah pengertian dan penghasilan untuk PPh Final, tarif, cara menghitung dan cara pembayaran pajak jenis ini. Kami berharap informasi di atas bermanfaat. https://proconsult.id/