Doa sebelum Tidur

Berita Terkait dengan Doa Mau Tidur | Indozone.id

Istirahat merupakan kegiatan yang sangat penting untuk manusia. Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, istirahat juga menjadi salah satu anjuran dalam islam.

Namun, sebelum tidur alangkah lebih baik kita membaca doa terlebih dahulu seperti yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebelum tidur, ada pula amalan sunnah lainnya yang dianjurkan kepada kita yakni bersuci atau berwudhu.

Hal ini bertujuan agar kita tetap berada dalam keadaan suci saat tidur. Nah, berikut ini bacaan doa sebelum tidur dan amalan-amalan sunnah yang dapat dilakukan.

Bacaan Doa Sebelum Tidur Beserta Artinya

Dengn membaca doa, Allah akan menghindarkan kita dari segala mimpi buruk. Sehingga tidur kita menjadi lebih tenang. Bahkan Allah juga akan melindungi setiap kegiatan dan melancarkannya atas seizin-Nya.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut

Artinya: “Dengan nama Engkau, ya Allah, aku hidup dan aku mati”

Sunnah Sebelum Tidur

Tidak hanya membaca doa sebelum tidur, Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk selalu meniru perilaku Rasulullah atau sunnah Rasulullah. Sebelum tidur, Rasulullah melakukan beberapa kegiatan seperti:

  1. Berwudhu

Dalam buku “Sunnah Rasulullah Sehari-hari” yang merupakan karya dari Syaikh Abdullah bin Hamoud Al Furaih menjelaskan bahwa berwudhu adalah contoh amalan sunnah yang dilakukan oleh Rasulullah sebelum tidur. Hal ini juga didasarkan kepada hadits Al Bara bin Azib yang mengemukan sabda Rasulullah bahwasanya:

“Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk salat. Lalu berbaring pada sisi kanan badanmu.” (HR. Al-Bukhari no.247 dan Muslim no.2710)

Imam Nawawi yang merupakan ulama dari Damaskus dalam bukunya “Al-Adzkar” juga menjelaskan mengapa wudhu dianjurkan sebelum tidur karena agar tidur kita tetap dalam keadaan yang suci dari hadas. Hal ini dikarenakan kematian bisa menghampiri kita kapan saja, termasuk juga ketika tidur.

  1. Mengibas Tempat Tidur

Sunnah Rasulullah selanjutnya sebelum ia tidur adalah mengibaskan tempat tidur. Jika ingin tidur, maka sangat dianjurkan untuk mengibas Kasur terlebih dahulu dengan bagian dalam sarungnya sebanyak tiga kali dan membaca basmalah.

Hal ini juga didasarkan pada (HR. Abu Hurairah) di mana Rasulullah bersabda:

“Jika salah seorang di antara kamu hendak mendatangi tempat tidurnya, hendaknya ia mengibas kasurnya dengan bagian dalam sarungnya, karena ia tidak mengetahui apa yang ada padanya, kemudian mengucapkan bismika rabbi wadha’tu janbii.”

  1. Membaca Doa Sebelum Tidur

Doa yang sudah dijelaskan di atas juga termasuk dalam sunnah sebelum tidur. Hal ini telah dijelaskan dalam salah satu hadits riwayat Hudzaifah berkata:

“Apabila nabi shallallahu alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan doa: Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup). Dan apabila bangun tidur beliau mengucapkan: Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amaatana wa ilaihin nusyur (segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali.” (HR. Bukhari no. 6324)

  1. Membaca Ayat Kursi dan Surat Pendek

Selain membaca doa sebelum tidur, ada pula sunnah lainnya yaitu membaca ayat kursi. Dengan membaca ayat kursi, Allah akan melindungi kita dari segala gangguan setan sampai pada pagi harinya.

Tidak hanya itu, Rasulullah juga mengamalkan dengan membaca surat pendek yakni Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Rasulullah tidak pernah lupa untuk membaca ketiga surat tersebut sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *