Modus Penipuan Asuransi Mobil

Asuransi mobil kerap dianggap sebagai sektor ekonomi yang umum menjadi ajang penipuan orang-orang tidak bertanggung jawab. Penipuan asuransi mobil merupakan tindakan yang disengaja demi tujuan finansial. Maka dari itu, saat membeli asuransi maka pastikan untuk mencari asuransi mobil terbaik dan aman dari penipuan.

Modus Penipuan Asuransi Mobil

Nah, bagi anda yang menggunakan asuransi mobil maka anda perlu menyimak beberapa modus penipuan yang sering terjadi dalam bidang asuransi mobil di bawah ini.

1. Asuransi Ganda

Penipuan asuransi mobil ini umumnya terjadi untuk mengelabui perusahaan asuransi. Penipuan ini dilakukan dengan menggunakan dua asuransi melalui dua perusahaan yang berbeda namun mobil yang sama. Tujuan penipuan ini adalah agar pemegang polis bisa memperoleh klaim dari dua pihak asuransi sekaligus.

Terdapat dua kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi. Yang pertama yakni pemegang polis lupa jika mobil miliknya sudah masuk asuransi dan dia kembali memakai asuransi namun di perusahaan berbeda. Kemungkinan kedua yakni pemilik polis sengaja menggandakan asuransi agar bisa memperoleh klaim ganda.

2. Klaim Fiktif

Penipuan asuransi ini umumnya dilakukan pihak pemegang polis. Modus penipuan ini yaitu klaim yang ditujukan berdasarkan alasan yang dibuat-buat pihak pemegang polis maupun sengaja dilakukan agar bisa memperoleh klaim ganti rugi. Modus yang sering terjadi yaitu mengajukan klaim kecelakaan maupun resiko lain.

Alasan yang digunakan sangat beragam, misalnya mengajukan klaim mobil lecet atau kecelakaan padahal yang merusak mobilnya adalah nasabah itu sendiri. Lalu, mereka akan memperbaiki mobil menggunakan biaya ganti rugi namun dengan kualitas perbaikan rendah agar masih ada sisa uang.

3. Penggelapan

Modus penipuan ini terjadi jika pihak tertanggung meminjamkan kendaraan kepada orang lain, namun orang yang meminjam membawa kabur mobil tersebut. Penipuan ini biasanya terjadi bagi pemegang asuransi TLO. Hal tersebut karena perusahaan akan memberikan ganti rugi resiko kehilangan mobil tanpa unsur sengaja.

Namun sayangnya, ini kerap menjadi ajang perbuatan kriminal dengan cara sengaja menyembunyikan mobilnya kemudian mencoba mengajukan klaim mobil yang hilang agar bisa diterima.

Demikian ulasan mengenai modus penipuan asuransi mobil yang sebaiknya diwaspadai. Salah satu asuransi mobil yang recommended untuk anda pilih adalah Insureka. Saat anda membeli asuransi Insureka maka mobil anda akan mendapatkan perlindungan maksimal yang terhindar dari berbagai kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *