5 Cara Atasi Tokopedia Paylater Tidak Bisa Digunakan 

Lho, kok Tokopedia Paylater nggak bisa dipakai? Yah gagal belanja deh” bete nggak sih kalau hal ini terjadi pada kamu? Niat ingin belanja saat itu juga dan bayar belakangan, eh malah gagal. Sebelum tambah kesal, yuk cari tahu cara mengatasi Tokopedia Paylater tidak bisa digunakan.

Kalau masalah ini terjadi pada kamu, ada 5 cara yang layak dicoba untuk mengatasinya. Berikut panduannya.

1. Menghubungkan Tokopedia dengan Paylater Pihak Ketiga

Sistem Paylater di Tokopedia mengharuskan kamu untuk terhubung ke pihak ketiga seperti Gojek, Kredivo, dan sebagainya. Jika akun Tokopedia kamu belum terhubung dengan aplikasi penyedia Paylater tersebut, maka Tokopedia Paylater tidak dapat digunakan.

Untuk menghubungkan fitur Paylater dari aplikasi lain ke Tokopedia, kamu harus melalui langkah berikut:

  • Buka aplikasi Tokopedia, login ke akun milikmu.
  • Saat berada di halaman utama, kamu dapat menuju akun kamu dan carilah menu untuk menambahkan metode pembayaran.
  • Setelah menemukan menu tersebut, klik penyedia Paylater yang ingin kamu pilih. Bisa memilih GoPayLater, Kredivo Paylater, atau penyedia Paylater lainnya.
  • Kemudian, klik “Sambungkan Sekarang” untuk menambahkan Paylater dari pihak ketiga supaya dapat dipilih sebagai metode pembayaran.
  • Tokopedia akan memunculkan nomor ponsel kamu. Pada tahap ini, kamu harus memastikan nomor ponsel di akun Tokopedia sudah sama dengan nomor di aplikasi penyedia layanan Paylater. Lalu, klik “Selanjutnya”.
  • Kode verifikasi akan dikirim ke nomor ponselmu. Masukkan kode verfiikasi tersebut lalu klik “Konfirmasi”.
  • Selesai, layanan Paylater dari pihak ketiga sudah terhubung dengan akun Tokopedia kamu. Sekarang, kamu bisa menggunakannya.

2. Memperbarui Aplikasi Tokopedia dan Penyedia Paylater

Cek pembaruan versi pada aplikasi Tokopedia maupun penyedia Paylater. Aplikasi yang belum diperbarui bisa menjadi penyebab tokopedia paylater tidak bisa digunakan. Jika mendapat notifikasi bahwa aplikasi Tokopedia atau penyedia layanan Paylater perlu diperbarui, segera perbarui aplikasi.  

3. Mengubah Nomor Ponsel 

Nomor ponsel kerap digunakan untuk mengirim kode verifikasi, termasuk dalam Paylater. Dikarenakan Tokopedia bekerja sama dengan aplikasi penyedia layanan Paylater lain seperti Kredivo dan Gojek, kamu harus menyinkronkan datanya termasuk nomor ponselmu.

Apabila nomor ponsel di akun Tokopedia dan mitra penyedia Paylater berbeda, maka Paylater tidak bisa digunakan. Hal ini dikarenakan, fitur Paylater perlu menyinkronkan nomor ponsel kamu pada kedua akun tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mengubah nomor ponsel pada salah satu aplikasi. Gunakan nomor ponsel yang masih aktif, lalu sinkronkan nomor ponsel kamu supaya fitur Paylater bisa kembali digunakan.

4. Lunasi Cicilan yang Ada

Keberadaan cicilan yang belum dilunasi bisa menyebabkan Tokopedia Paylater sudah aktif tapi tidak bisa digunakan. Periksa kembali tunggakan cicilan kamu di aplikasi Tokopedia maupun mitra penyedia layanan Paylater. 

Jika terdapat tunggakan di salah satu aplikasi atau keduanya, maka Paylater tidak bisa kamu gunakan. Maka dari itu, lunasi seluruh cicilan pada akun Tokopedia maupun mitra penyedia layanan Paylater kamu.

Nah buat yang sudah terdaftar di Kredivo bisa lebih lega. Saat ini ada cicilan 3 bulan tanpa bunga bagi member basic maupun premium. Untuk cicilan 6 dan 12 bulan tetap berbunga rendah hanya 2.6% saja per bulan.

Benefit menggunakan Kredivo karena limit kreditnya paling besar hingga Rp30 juta. Selain bisa digunakan di Tokopedia, Kredivo juga bisa digunakan di lebih dari 1000+ merchant lain baik secara online maupun offline. 

Kamu bisa scan barcode pakai Kredivo di MCD, IKEA, DANDAN, Erafone, Electronic City dan lainnya. Benefit yang belum bisa didapatkan jika memilih akun paylater lainnya. 

5. Menghubungi Call Center Tokopedia dan Mitra Paylater

Jika seluruh cara di atas sudah kamu coba tapi tak kunjung berhasil, maka ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat menghubungi Call Center Tokopedia atau mitra penyedia Paylater. Mungkin saja masalahnya ada pada pihak aplikasi.

5 cara di atas sangat  recommended untuk kamu yang ingin mengatasi Tokopedia Paylater tidak bisa digunakan. Jika cara pertama tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara selanjutnya, begitu seterusnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *