5 Ide Penghasilan Pasif Buat Pekerja Kantoran

Merasa butuh lebih banyak tambahan penghasilan? Mungkin solusinya adalah memulai usaha lewat penghasilan pasif. Saat ini ada banyak contoh penghasilan pasif yang bisa kamu tiru, terutama bagi kamu karyawan kantoran.

Penghasilan pasif bukan hanya bisa membantu keuangan bulanan, tetapi bisa juga dijadikan sebagai cadangan untuk membayar utang dari pinjaman tunai bunga rendah dan mudah. 

Ini dia beberapa ide usaha yang bisa mendatangkan pendapatan ekstra yang bisa dikerjakan sebagai sampingan.

  • Membuat Kursus Online

Kamu punya keahlian di bidang tertentu, serta mampu mengedukasi orang lain? Membuat kursus online sepertinya cocok untuk kamu jalani. Kamu bisa membagikan pengetahuan sambil memperoleh pendapatan pasif dengan memanfaatkan platform kursus online. 

Atau, kamu juga bisa membuat web sendiri untuk wadah kursus online. Kamu mungkin berpikir, langkah ini tidak perlu karena banyak tutorial gratis di YouTube. Jangan mundur dulu, kamu tetap bisa menjual kursus online yang berbeda dari yang sudah ada.

Misalnya, kamu juga bisa menggratiskan beberapa materi di awal dan kemudian materi lanjutan dibuat berbayar. Dengan begitu, orang-orang dapat mencoba kursus yang kamu buat. Jika tertarik, mereka bisa lanjut ke materi berbayar.

  • Menjual Produk Digital

Kalau kamu tidak percaya diri untuk menjual kursus online, tidak masalah. Keahlian yang kamu miliki bisa tetap terpakai, terutama jika berkaitan dengan dunia digital. Misalnya, keahlian di bidang desain, pengembangan aplikasi, atau yang lainnya.

Kamu bisa membuat karya digital, kemudian menjualnya. Ada banyak jenis karya digital yang bisa kamu jual. Template desain, aplikasi, ebook, dan lainnya.

Untuk ebook, kamu lebih memerlukan keahlian menulis. Kalau kamu berpikir hanya bisa mengarang, tidak masalah. Kamu bisa membuat ebook berisi karanganmu untuk dijual.

  • Iklan di Blog maupun Vlog

Pendapatan pasif juga bisa diperoleh dari iklan. Kalau kamu suka menulis, kamu bisa membuat blog, atau jika kamu lebih pede, buat saja vlog.

Kamu bisa memanfaatkan platform seperti Adsense. Namun, pastikan blog ataupun vlog yang akan kamu ajukan sudah memenuhi persyaratan. Biasanya, kamu akan dibayar per iklan yang diklik ataupun yang tayang.

Selain itu, kamu juga bisa memasang afiliasi di blog maupun vlog milikmu. Kamu akan mendapat komisi dari setiap penjualan produk yang berhasil. Kamu perlu melakukan persuasi agar audiens mau membeli produk yang ada.

  • Menjual Stok Foto

Kalau kamu suka memotret, hobimu bisa dimanfaatkan. Caranya, jual foto hasil jepretanmu ke situs stok foto. Kamu akan mendapat komisi yang lumayan, tergantung penyedia yang kamu pilih.

Jangan lupa untuk mengecek persyaratan yang harus dipenuhi. Biasanya, situs stok foto premium hanya mengizinkan gambar dengan kualitas tinggi. Ini bisa menjadi ladang passive income modal kecil yang menjanjikan dan patut kamu coba.

  • Investasi

Mendapatkan penghasilan pasif dari investasi juga patut dicoba, salah satunya adalah saham. Dengan memiliki saham, perusahaan akan membayar dividen kepadamu secara rutin. 

Semakin banyak saham yang kamu miliki, semakin besar dividen yang diterima. Tetapi, kamu perlu memahami risikonya juga.

Atau, kamu ingin investasi yang risikonya lebih rendah? Passive income dari Reksadana bisa kamu pilih.

Jangan lupa mempelajari aset yang akan kamu beli. Jangan sekedar ikut orang lain membeli suatu saham atau aset lain. Ini bertujuan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya.

Banyak sumber pendapatan pasif yang bisa dicoba. Menjual produk digital, membuka kursus online, beriklan di blog dan vlog, hingga investasi. 

Selain bisa mendapat hasil yang lumayan, kamu bisa tetap mempertahankan sumber penghasilan utama. Ini akan membantu mewujudkan kondisi keuangan yang sehat.

Berjualan menjadi reseller atau dropshipper pun bisa jadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan. Apalagi saat ini hampir Sebagian besar sudah belanja online dalam kondisi pandemic. 

Bagi yang kesulitan modal bisa mengajukan dana lewat pinjaman tunai bunga rendah dan mudah seperti Kredifazz. Kredifazz sudah terdaftar di OJK sehingga data pengguna aman. Bunganya hanya 0,3% saja per hari dengan tenor maksimal 91 hari atau 3 bulan. Limit yang bisa didapatkan maksimal Rp3 juta per member. 

Diantara ide yang sudah kamu ketahui, mana yang akan kamu coba? Kamu bisa mulai mencoba ide penghasilan pasif yang minim modal dan sesuai keahlianmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *