Perlu Memakai Kamar Mandi Generik? Hindari Bilik Toilet Ini

Ilustrasi toilet. Pixabay/jarmoluk

Menggunakan kamar mandi umum ketika perjalanan jauh terkadang nir bisa dihindari. Orang-orang pun umumnya memiliki semacam taktik ketika menentukan bilik toilet mana yg akan dipakai. Ada yg senangbilik jauh dari pintu, terdapat yang dekat pintu, namun ada juga yang memilih di tengah.

Tapi terlepas dari berbagai pertimbangan yang seringkali kita lakukan, ternyata ada penelitian loh soal bilik mana yg paling jelek buat dipakai, berdasar seberapa tak jarang dipakai. Dilansir berdasarkan Bestlife, sebuah studi mengungkap jika bilik tengah adalah yg paling buruk lantaran paling seringkali digunakan pada kamar mandi generik.

Sebuah studi tahun 1995 berdasarkan Universitas California, San Diego, melihat preferensi penggunaan berdasarkan orang-orang di banyak sekali skenario. Peneliti memantau berapa poly kertas toilet yang digunakan di setiap bilik toilet pria di pantai lokal selama 10 minggu.

Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa dua bilik tengah menghabiskan 60 persen kertas toilet selama periode itu. Ini memperlihatkan bahwa orang lebih senang memakai bilik toilet tengah dibanding yang pinggir.

“Apakah orang menentukan produk di rak toko kelontong, memilih bilik kamar mandi mana yg digunakan, atau mengisi kotak pada kuisioner, mereka menghindari bagian ujung dan cenderung menentukan berdasarkan tengah,” para peneliti menyimpulkan. Menurut Business Insider, fenomena ini dikenal sebagai “preferensi sentralitas”.

Namun jika satu-satunya bilik yg kosong adalah tengah, kalian mungkin terpaksa harus menggunakannya. Kabar baiknya, dari para pakar hampir nir mungkin buat menangkap apa pun menurut duduk pada dudukan toilet generik.

Philip Tierno, PhD, seseorang profesor klinis pada departemen patologi menggunakan NYU Langone Health mengungkapkan kepada Everyday Health bila ada poly sekali kuman di kamar mandi umum (bahkan kamar mandi pribadi). Beberapa di antaranya adalah E. Coli, Streptococcus, dan S. aureus – yang bertanggung jawab mengakibatkan diare, radang tenggorokan, & pneumonia – dapat ditemukan pada antara bakteri tinja.

Untungnya, kulit kita sanggup menjadi benteng yg bertenaga melawan bakteri ini dan membuat kita terlindung menurut infeksi potensial. “Dudukan toilet bukanlah indera buat transmisi agen infeksi apa pun – kalian nir akan tertular apapun,” William Schaffner, MD, profesor kedokteran pencegahan pada Vanderbilt University Medical Center, meyakinka Huffington Post.

Bahaya sesungguhnya bukan dari menurut dudukan toilet, tetapi justru menurut seluruh hal lain yg terdapat di kamar mandi generik. Tierno berkata kepada Everyday Health apabila kalian paling rentan terhadap kuman ketika menyiram, terlepas dari bilik mana yang dipilih. Sebab, kekuatan penyiraman membuatkan droplet ke mana saja menurut jarak lima sampai 20 kaki pada udara. Dia menyarankan agar kalian membuka pintu sebelum menyiram & berdiri sejauh mungkin di belakang .

Selain itu, ponsel jua sanggup sebagai sumber potensial. Apalagi, poly yg menggunakan perangkat elektro ini ketika berada pada kamar mandi sehingga terdapat kemungkinan percikan tentang gawai kita. Menurut sebuah studi 2011 dari University of London, sebesar 1 menurut 6 ponsel ditemukan memiliki jejak kotoran yg tertinggal.

Pada 2005, Charles Gerba, PhD, rekan penulis menurut The Germ Freak’s Guide to Outwitting Colds and Flu, menguji banyak sekali bagian atas kamar mandi generik & menemukan bahwa dudukan toilet merupakan bagian yg paling nir mengandung kuman, dari  ABC News.

Sementara permukaan yang paling kotor merupakan lantai. Itu mengapa para pakar menyarankan agar kalian nir meletakkan dompet atau tas pada lantai toilet umum.

“Kami menemukan bakteri tinja skeitar 30 persen pada bagian bawah dompet wanita. Jadi kalian mungkin memindahkan bateri berdasarkan lantai kamar kecil ke wastafel dapur ketika akan membuat makan siang,” ujar Gerba pada ABC News.

Nah, jadi udah pada tahukan bila lagi di toilet generik usahakan pilih bilik yang mana? Selain itu, jangan lupa pula ya buat selalu mencuci tangan kalian menggunakan sabun di air mengalir selesainya memakai kamar mandi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *