5 Langkah Efektif Stimulasi Perkembangan Buah Hati

Pertumbuhan dan perkembangan buah hati sangat dipengaruhi oleh peran dan campur tangan kedua orang tuanya. Jika stimulasi yang diberikan oleh orang tua berjalan optimal maka pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak juga pasti lebih lancar. Itulah mengapa penting sekali bagi orang tua untuk memahami cara tepat stimulasi perkembangan anak. Berikut akan dibahas lebih lengkap 5 langkah efektif untuk memberi stimulasi bagi buah hati tercinta.

1. Ajak Komunikasi

Tips pertama, Anda bisa mengajak anak untuk berkomunikasi setiap hari. Komunikasi sesering mungkin dengan anak akan membantu Anda lebih memahami karakter anak tersebut. Bahkan sejak masih bayi dan belum bisa bicara, mulailah berkomunikasi.

Semakin sering komunikasi maka semakin baik perkembangan si kecil dalam berbicara. Anda bisa mulai dengan bercerita kemudian merangsang si kecil untuk menyampaikan ceritanya sendiri.

2. Berikan Aktivitas Fisik

Jangan mengurung anak diam di dalam rumah terlalu lama. Biarkan anak sesekali keluar rumah dan melakukan aktivitas fisik. Jika memang tak ingin keluar rumah, maka buatlah aktivitas fisik yang menyenangkan di dalam rumah.

Aktivitas fisik akan sangat efektif membantu proses perkembangan motorik kasar maupun halus si kecil. Jangan terlalu khawatir namun tetaplah mengawasi pergerakan sang buah hati setiap saat.

3. Luangkan Waktu Membaca Buku

Kenalkan anak pada buku sedini mungkin. Meskipun mungkin anak belum bisa membaca dan memahami isi buku, hal ini tetaplah penting untuk dilakukan. Sediakan berbagai macam judul buku yang bisa dinikmati oleh anak. Anda bisa membuat rutinitas baca buku di jam-jam tertentu, mendekati jam tidur misalnya. Mulailah dengan membacakan isi buku tersebut kepada anak dan ajak anak untuk memperhatikan setiap gambar yang ada di sana.

4. Sediakan Mainan Edukasi

Menghadirkan banyak mainan untuk anak bukanlah sebuah keputusan yang buruk. Melalui mainan, anak bisa belajar banyak hal dan mampu mengembangkan kemampuan serta kecerdasannya. Anda bisa memilih jenis mainan edukasi untuk diberikan kepada anak sesuai tahap usia. Misalnya saja flash card, puzzle, bongkar pasang, dan masih banyak lagi pilihan mainan lainnya yang bersifat edukatif.

5. Biarkan Anak Bersosialisasi

Tips lain yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan stimulasi kepada anak adalah dengan membiarkan anak bersosialisasi. Izinkan anak berinteraksi dengan teman-teman seusianya. Interaksi dengan orang lain akan mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan mengelola emosi. Ini juga akan menjadi bekal yang sangat penting bagi anak saat sudah tumbuh dewasa dan harus hidup di tengah masyarakat.

Selain melakukan beberapa hal tadi, orang tua juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi anak secara optimal. Jika kebutuhan nutrisi tercukupi dengan baik maka perkembangan anak bisa berjalan sesuai harapan. Anda bisa memberikan susu formula S26 sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Belilah produk ini di outlet Wyeth Loyalty Program agar bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat yang lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *