Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui programmer agar lebih produktif

Untuk mempertahankan karir sebagai programmer atau pengembang perangkat lunak atau apabila Anda mencari loker programmer baru, Anda harus mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi. Dengan kata lain, Anda harus selalu terbuka terhadap ide dan pendekatan baru untuk menciptakan perangkat lunak mutakhir yang mengikuti kemajuan teknologi yang pesat. Sebagai seorang programmer, bagaimana Anda tetap produktif?

Hapus Kode Lama

Anda akan bekerja dengan kode setiap hari sebagai developer perangkat lunak. Meskipun aktivitas ini membutuhkan konsentrasi, jangan lupa untuk menghapus kode yang sudah lama. Karena lebih sulit untuk menemukan kode baru yang diperlukan untuk berinovasi atau menambahkan fitur ke program atau aplikasi saat kode lama masih ada.
Kesalahan dapat dikurangi dengan menghapus kode yang tidak perlu dari suatu program. Atau, Anda dapat menulis semua kode sebelum mulai menulis kode apa pun.

Biasakan Menulis Catatan

Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak dan juga pemrogram, Anda harus selalu menulis catatan sebelum membuat perubahan apa pun pada kode. Saat Anda menambahkan fitur baru, ini sangat berguna. Ini juga dapat berfungsi sebagai cara untuk melacak penambahan dan modifikasi di masa mendatang pada perangkat lunak atau aplikasi.
Karena itu, kode harus ditulis terlebih dahulu oleh manusia sebelum dapat ditulis ke komputer.

Pengembangan Berbasis Tes

Pemrogram juga dapat menggunakan pengembangan berbasis pengujian sebagai alat produktivitas. Ini juga dikenal sebagai proses TDD, di mana Anda pertama kali mengembangkan kode pengujian, kemudian menulis kode aktual yang akan diimplementasikan.
Saat menulis kode semu, ini akan membantu kinerja aplikasi Anda.

Manfaatkan IDE

Editor teks atau IDE, tentu saja, digunakan oleh programmer dan pengembang perangkat lunak. Anda harus menggunakan editor teks ini untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan lebih efektif jika Anda ingin tetap produktif.
Karena penyorotan sintaks lanjutan disertakan dalam editor teks untuk kenyamanan pengkodean Anda.

Penggunaan Ekstensi Sintaks

Editor teks dan ekstensi sintaksis dapat digunakan sebagai tambahan satu sama lain. Karena memiliki begitu banyak kemampuan peralatan otomatis, ekstensi sintaks ini menghemat waktu saat menulis kode.
Namun, dalam praktiknya, jenis bahasa yang digunakan juga merupakan faktor penting. Banyak programmer lebih suka menggunakan editor teks dan ekstensi sintaks karena dapat mempercepat pekerjaan mereka.

Selain itu tentunya anda sebagai pembuat program harus mengupdate pengetahuan tentang bahasa pemrograman, tools pemrograman baik melalui artikel maupun blog agar produktif dan terus berinovasi. Bagi Anda yang ingin berkarir di dunia programming dan software development, Nextgen menawarkan penawaran yang menarik.
Nextgen membuka beberapa lowongan pekerjaan di bidang IT, salah satunya untuk kategori program maker, digital manager hingga system analyst.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *