Bacalah Doa Ini untuk Mendoakan Orang Tua yang Telah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Spesial di Hari Ibu 22 Desember 2021 LENGKAP Arab,  Latin dan Arti dalam Bahasa Indonesia - Berita DIY

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal memang sangat dianjurkan rajin untuk di baca, karena doa ini bisa jadi sebuah amalan yang  tidak akan lekang oleh waktu untuk anak serta orang tua yang telah meninggal.

Didalam kehidupan, sosok yang paling berjasa serta berpengaruh dalam hidup kita adalah orang tua. Kedua orang tua ini telah merawat kita dari mulai di dalam kandungan sampai kita beranjak dewasa. Maka dari itu semua jasa yang telah di lakukan oleh orang tua tidak bisa dibalas oleh apapun.

Sebagai umat muslim yang baik kita ini harus selalu berbakti kepada orang tua kita, hal ini bisa dibilang sebuah kewajiban bagi kita. Didalam sebuah hadist juga di katakan bahwa dulu Nabi Muhammad pernah ditanyai sebuah hal mengenai “Wahai Rasulullah, amal apakah yang paling dicintai Allah?”

Kemudian beliau menjawab “Shalat tepat pada waktunya”. Kemudian beliau diberikan pertanyaan lagi amalam apa yang paling di cintai setelah itu. Lalu beliau kembali menjawab “Berbakti kepada kedua orang tua” (HR. Bukhari).

Jadi sebagai anak kita ini harus berbakti kepada ibu serta ayah kita, hal tersebut tidak mengenal waktu jadi Anda ini harus tetap berbakti saat kedua orang tua Anda telah meninggal dunia.

Jika kedua orang tua sudah meninggal dunia cara kita berbakti adalah dengan memberikan mereka sebuah doa, ini dia beberapa doa yang bisa Anda baca untuk kedua orang tua Anda.

“Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.”

 

Artinya: “Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

 

Selain doa tersebut Anda juga bisa mendoakan kedua orang tua Anda supaya semua dosa yang telah dia perbuat ini bisa di ampuni oleh Allah SWT, bacaan doanya adalah:

“Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi,”

 

Artinya : “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

 

Jika sudah selesai membaca doanya sebaiknya Anda akhiri doa dengan membaca doa sapu jagad, sholawat Nabim dan terakhir surat Al- Fatihah, bacaan adalah:

“Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.”

 

Artinya: “Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.” (lanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *