Mengenal Flat White, Secangkir Kopi Penuh Kemewahan

Mengenal Flat White, Secangkir Kopi Penuh Kemewahan

Mungkin ada pernah memesan flat white di cafe kopi atau bahkan menjadi penikmatnya, namun tidak mengetahui betul bagaimana cara membuatnya. Tampilannya yang mewah dan harum kopi yang terhirup memang pantas menjadikan sajian kopi yang satu ini tampak istimewa.

Mengenal Flat White

Flat white adalah salah satu sajian kopi yang berbahan dasar espresso. Biasanya terbuat dari double espresso yang memiliki karakter kuat dan kaya dengan citarasa. Ditambahkan dengan susu steam yang  kemudian dikocok hingga menghasilkan busa tipis

Minuman ini memiliki rasa dan aroma kopi yang masih pahit namun lembut akibat dikombinasikan dengan susu. Minuman ini biasanya disajikan sebanyak 150 ml – 180 ml per cangkirnya dengan tambahan 2 shot susu steam.

Pada umumnya seorang barista akan menyajikan minuman ini dengan topping yang unik, yaitu microfoam yang terbuat dari susu steam. Teksturnya pada dan lembut, khas sekali. Selanjutnya lapisan busa ini akan dibuat menjadi lebih tipis dari biasanya. Alasanya adalah agar pemesan tetap dapat menikmati rasa dan aroma espresso yang berada pada bawah lapisan tersebut.

Tebal tipisnya lapisan microfoam ini bergantung pada keahlian barista membuatnya. Kendati demikian,tetap lebih tipis dari cappucino. Namun, semua orang yang mengorder nya mengetahui dengan pasti bahwa lapisan microfoam tersebut akan menyeimbangkan rasa espresso yang pahit dan kuat.

Biasanya barista menyajikan kopi ini dengan dua cara yang sama – sama istimewa. Jangan sampai nanti Anda terkejut ketika mendapatkan minuman yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dengan Busa

Sajian kopi ini yang pertama adalah menggunakan busa atau microfoam. Biasanya ditawarkan oleh cafe kopi yang memiliki barista dengan keahlian yang mumpuni dalam membuat microfoam tersebut.  Pasalnya, membutuhkan keterampilan tingkat tinggi ketika akan membuat microfoam yang halus dan lembut namun tetap terasa susu.

Tanpa busa

Penyajian ini merupakan variasi yang paling sering ditemui pada menu cafe kopi. Racikannya terdiri dari double shot espresso yang dikombinasikan susu steam sebanyak 100 – 130 ml.

Bahan Membuat Kopi Flat White

  • one shot espresso atau double espresso
  • 130 ml susu

Cara Membuatnya

  1. Tuangkan susu steam ke dalam cangkir saji. Kocok hingga timbul busa yang tipis namun terlihat lembut
  2. Tuangkan susu yang telah berubah menjadi microfoam tersebut ke tengah cangkir yang berisi espresso. Lakukanlah perlahan. Semakin penuh, semakin dekat jarak antara cangkir saji dengan teko microfoam. Jangan sampai ada busa yang tumpah.
  3. Sajikan

Sedikit demi sedikit lapisan foam tipis dapat dituangkan dengan baik yaitu saat volumenya semakin banyak. Saat  semua cairan susu tertuang, maka miringkan teko dekat dengan cangkir saji. Lakukan perlahan.

Kini Anda dapat menikmati flat white dengan mudah. Gunakan espresso yang sesuai dengan selera. Tinggal nikmati sajian mewah bersama keluarga atau kerabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *