Anak Kecanduan Gadget? Atasi dengan 5 Cara Efektif Ini!

Anak Kecanduan Gadget? Atasi dengan 5 Cara Efektif Ini!

Gadget merupakan benda elektronik berukuran kecil yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Meskipun menyimpan manfaat, namun kecanduan gadget dapat membuat seseorang teralihkan fokusnya bahkan waktu istirahatnya pun berkurang. Tak terkecuali anak-anak, dan mereka memiliki risiko lebih tinggi kecanduan bermain smartphone.

Jika anak menghabiskan banyak waktu bermain gadget untuk hal yang tidak perlu seperti bermain game, ada baiknya orangtua perlu mengambil langkah agar buah hati tak lagi kecanduan dengan gawai. Bagaimana caranya? Cari tahu dalam artikel di bawah ini!

  1. Dampingi Ketika Belajar Online

Smartphone menjadi perangkat pendukung yang diperlukan di era teknologi ini, terlebih dalam hal belajar online. Meskipun begitu, orangtua tetap perlu melakukan pendampingan ketika putra-putrinya sedang belajar online menggunakan gadget. Sehingga penggunaan gawai tetap pada mestinya, yakni digunakan sebagai media pembelajaran.

  1. Perbanyak Aktivitas Lain

Agar anak lupa dengan smartphone, Anda bisa meningkatkan aktivitas baik di dalam maupun di luar rumah yang dapat menyita perhatiannya. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan mulai dari memasak bersama, bersepeda keliling kompleks, lari pagi, bermain di halaman rumah, berkunjung ke rumah saudara, dan kegiatan lain yang dapat memancingnya untuk kembali aktif.

  1. Berikan Contoh

Tak dapat dipungkiri anak senang meniru kebiasaan orangtuanya. Ketika mereka melihat orangtua berkutat dengan gadget, maka ia pun cenderung akan mengikutinya. Untuk itu Anda harus dapat memberikan contoh baik bagi anak. Jika Anda menginginkan mereka untuk tidak kecanduan gadget, maka orangtua pun harus dapat menjadi panutan bagi mereka.

  1. Batasi Penggunaan

Agar lebih mempermudah dalam membatasi anak bermain gadget, Anda bisa memberikan waktu 1-2 jam setiap hari untuk si Kecil bermain ponsel. Cobalah untuk bersikap tegas dengan melatihnya meminta izin kepada Anda sebelum bermain ponsel, dan menyuruhnya mengembalikan kembali setelah waktu bermain HP telah habis.

Ketika sedang bermain ponsel pun, sebisa mungkin lakukan pengawasan agar mereka tidak mengakses konten berbau kekerasan, pornografi, atau konten lain yang tidak sesuai umur.

  1. Beri Edukasi Bahaya Penggunaan HP Terlalu Lama

Berikan pemahaman bagi si Kecil jika bermain ponsel terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena sakit mata hingga obesitas. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana, sehingga ia memahami maksud perkataan Anda. Tak hanya itu, jelaskan pula jika gawai maupun internet dapat menjadi tempat berbahaya bagi anak.

Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget

Berikut beberapa tanda si Kecil terlalu asyik dengan ponsel, diantaranya:

  • Gelisah ketika tidak memainkan HP
  • Keasyikan memainkan HP hingga lupa waktu
  • Durasi bermain semakin bertambah setiap harinya
  • Tidak tertarik dengan dunia luar
  • Gagal untuk berhenti memainkan ponsel
  • Tetap tidak takut memainkan ponsel meskipun telah mengetahui konsekuensi yang bisa didapatkan
  • Berbohong tentang durasi bermain ponsel ketika ditanya oleh orangtua
  • Bermain ponsel untuk mengalihkan perasaan

Itulah tanda anak kecanduan gadget yang wajib diketahui setiap orangtua. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *